soju

Posted: 19/11/2009 in Uncategorized
Kalo sering nonton drama Korea pasti tau minuman ini, Soju adalah minuman keras khas Korea, dan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Korea. Kalau kamu tinggal di Korea kemanapun kamu pergi, pasti menemukan Soju. Mulai dari supermarket, restoran, sampai warung dipinggir jalan jg ada.
Minuman yang terbuat dari beras ini (mungkin kalo di Indonesia air tapai kali ya) adalah minuman yang digemari oleh baik laki-laki maupun perempuan, mulai remaja sampai orangtua.
Soju juga dikenal sebagai minuman yang merakyat karena harganya yang cukup murah(murah apaan, padahal gw pernah bl buat gos gw di supermarket mugunghwa harga satu dus(isi 6 botol) 400rb) untuk kategori minuman keras. Makanya soju juga diminum orang mulai dari orang miskin sampe orang kaya, dari pemulung sampe yang berdasi…
Minum soju memang sudah jd kebiasaan disana, salah satu contohnya setelah pulang kerja ( biasanya pegawai laki-laki), dengan beberapa teman akan minum soju bersama-sama. Mereka akan minum sepuasnya (sudah pasti sampe mabok), sambil membicarakan soal pekerjaan mereka, keluarga bahkan masalah negara (kalo di Indonesia mungkin sama aja diwarung kopi kali ya).
Bahkan ada restoran yang sengaja tidak menyediakan makan malam (dengan nasi), tapi hanya menu khusus yang dapat dinikmati sambil minum soju. Jenis makanannya banyak seperti ayam goreng, ayam gulai, ikan bakar sampe usus babi bakar, jeroan babi(eueek… gw kalo dah ngomongin makanan yg satu ini pengen muntah ini salah satu kebiasaan orang korea yg gw gak suka).
cara minumnya yg khas pakai gelas kecil dan biasanya saling menuangkan ke sesama teman. Kalau teman sedang menuangkan soju ke gelas kamu, maka kamu harus pegang gelasnya dengan tangan kanan, sedangkan tangan kiri memegang sikut, satu lagi pas mau meminumnya ada baiknya juga kalau kamu sedikit memiringkan badan menghadap kesamping, katanya untuk menunjukkan sikap hormat(itulah hebatnya orang korea, mau melalukan hal-hal yg gak bgs aja tetep pake sopan santun).

 

Ingat ya…biar kita suka korea bukan berarti kita harus ngikutin kebiasaan mereka ini…pokoknya gak boleh.

Ehm tapi sorry nih, gw mo ngaku dikit dulu gw jg pernah nyicipin dikit bkn soju sih tapi salah satu minuman khas mereka jg, bir beras(makkoli/korean traditional rice beer, tp ada jg yg blg Tongdongju(sdh dlm kemasan botol plastik), gw blm tau bedanya dimana) yang warnanya kyk air tajin dan diminumnya pake mangkuk itu. Begini ceritanya waktu itu kantor gw ada selamatan pembangunan pabrik baru biar pake tradisi Indonesia dengan motong kambing buat kendurian gitu, tetep aja ada adat mereka jg setelah sembahyang sambil mengguyur bir beras ke penjuru mata angin, habis itu big boss gw kasih mangkuk ke bos gw yg lain dan nuangin bir beras dan menyilakan untuk diminum dan begitu selanjutnya ke yg lain jg, itu maksudnya untuk mmberikan penghormatan(disana gak cm orang muda aja yg ksh penghormatan ke yg lebih tua tp sebaliknya jg) tapi gw pikir orang Indonesianya enggak makanya gw kaget tiba2 dia nyodorin mangkuk kegw dan nuangin bir beras tdnya gw gak mo nolak tapi orang korea disamping gw bisikin gw kl gw pura2 minum aja karena gak baik kl menolak nanti gak sopan katanya. Akhirnya gw tempelin jg tuh mangkuk kemulut gw, perasaan sih gak kena tp kok berasa jg dimulut(rasanya kyk air tapai ketan gitu), dan sampe sekarang gw masih khawatir takut dosa hi hi…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s