pengen jadi istri orang korea ?

Posted: 19/11/2009 in Uncategorized
Mau? Sebelum mutusin, sebaiknya baca dl tulisan gw ini. Kalo pernah nonton film Hanoi bride(Kim Ok bin & Lee dong wook) atau Drama Golden bride(Song chang ui & Lee Young Ah) pasti tau apa yg mau gw omongin. Betul, tentang perkawinan antar bangsa tapi percaya gak kl itu memang beneran ada di Korea? Dan bukan Cuma Vietnam aja, tapi dr semua negara asia tenggara termasuk Indonesia(nanti gw ceritaan kronologisnya, sesuai yg gw liat dengan mata kepala gw sendiri).
So, udah biasakan, disemua negara jg ada. Nah itu dia yg mau omongin, tp sebelum gw ceritain panjang lebar, buat yg belum pernah denger tentang fenomena perkawinan antar bangsa yg terjadi korea, sebaiknya gw jelasin dulu.

Sebenarnya perkawinan antar bangsa bkn suatu hal yg dilarang, tapi ada suatu kejanggalan dalam proses cinta international yg berakhir dengan ikatan pernikahan di korea.
Laki2 di korea memiliki hak istimewa untuk memilih dan menilai secara sepihak calon pasangannya yg umumnya berasal dari negara2 asia tenggara. Setelah menilai dan mendapatkan yg cocok sesuai selera, mereka akan membayar jutaan won untuk pihak keluarga perempuan dan agency(pialang) cinta yg mengatur. Kalo dilihat dari prosesinya, ini bukanlah sebuah ikatan cinta suci yg sebenarnya, tp lebih dari sebuah perdagangan(sindikat) cinta internasional.
Dengan meningkatnya pernikahan international ala korea ini, semakin meningkatnya jg tindak pelanggaran hak asasi manusia terhadap pihak istri atau perempuan. Tentu saja, ini sangat memperihatinkan karena jumlah pasangan pernikahan ini sudah mencapai 8,5% dr total pasangan menikah dikorea.
Pada umumnya istri yg orang asing sering menderita dan menanggung beban masalah baik berupa perlakuan kasar dan semena2 baik dari suaminya atau keluarganya. Proses komunikasi, adaptasi dan asimilasi yg mengarah pada harmonisasi suatu keluarga jg jd terhambat karena faktor bahasa, yg lebih rumit lagi kalau sudah menyangkut anak mereka.
Sekarang ini Pemerintah Philipina telah membuat dan menyebar surat peringatan resmi terhadap pernikahan international ini, bahkan pemerintah Vietnam jg telah mengancam akan menindak tegas dengan ancaman hukuman berat terhadap para agency illegal yg menyelenggarakan pernikahan ini.(sumber: Kopi Korea edisi 25 maret 2005)

Kalau di Indonesia? Gw blm tau pemerintah Indonesia sudah bertindak apa blm tentang masalah ini. Tp sekarang gw ceritain pengalaman gw tentang pernikahan ini ya, begini ceritanya:

Kira2 hampir 2 th yg lalu, bekas temen kuliah gw telp, dia blg minta ijin ngasih no telp gw ketemennya, dia blg temennya pny byk kenalan orang korea yg minta dikenalin sama cewek Indonesia. Jd temen gw referensiin gw karena gw sedikit bs bhs korea. Gak lama, waktu itu pas hari minggu, Endang(nama temennya temen gw itu, kl gak salah) telp, dia minta gw dateng ke hotel sari pan pacific saat itu jg, dia blg dia lg sm temen koreanya itu dan msh byk yg lain jg(emang sih kedengarannya berisik bgt dr telp). Tdnya gw sempet gak mau abis takut, tp dia blg jgn takut dan malah nyuruh gw ngajak temen ato saudara buat nemenin. Ya udah akhirnya gw pergi jg sama kakak gw.
Sampe dihotel, si endang ini ngajak gw ke kamar 707 karena dia buka kamar sm temen2 disitu. Ternyata didalam kamar ada banyak bgt cewek2(sekitar 50 org) yg lagi ngobrol, dandan sampe yg tiduran. Semuanya rapi2 bgt kyk abis audisi apa kontes gitu.
Waktu gw tny ini acara apaan, si Endang br blg kl ini semacam seleksi buat mencari calon istri buat org korea. Siapa yg kepilih nanti bkl lgs menikah dalam waktu 2 minggu dan bulan madu ± 3 hari trus dalam waktu I bln dia bkl diboyong kekorea(semua biaya menikah dan pengurusan pindah ditanggung pihak pria, keluarga calon istrinya jg diberikan uang yg cukup besar, bahkan soal agama untuk mempermudah pengurusan, pihak pria ikut agama calon istrinya). Gw shock berat…udah gila kali kl gw ikut…dipikir gw mau beli kucing dalam karung. Tp si Endang terus maksa dia blg coba2 aja, temennya (selain endang ada 2 org cewek Indonesia jg, 1 org cowok korea sm 2 org cewek korea yg 1 bs bhs Indonesia) jg ikut maksa gw, mereka blg lg hopeless bgt krn dr 50 org td blm ada yg cocok, bahkan mereka nunjukin foto pernikahan org2 yg berhasil sebelumnya, orgnya jg ada dia blg enak tau kawin sm orang korea(nih org lugu apa bodoh ya?) karena gw sedikit penasaran jg, akhirnya gw ikut. waktu gw disuruh masuk kekamar sebelahnya bareng2 sih sama ‘para penyelenggara’.
Oh oh ternyata ‘sang pencari cinta’nya(gw cm inget namanya mr Kim) sdh nunggu disofa sambil senyum sdh siap interview(orgnya biasanya aja, gak jelek, cakep jg gak, tp krg tinggi), umurnya 36th kerja dipertambangan gaji 40.000 dollar sebln, tinggal sendiri di apartemen, anak terakhir dr 2 bersaudara(wuih, poromosinya hebat bgt, kalo bener) setelah memperkenalkan dirinya, habis deh gw diinterview selama setengah jam lebih(sama semuanya, bahasanya campur2, ada korea, Indonesia, sampe inggris) yg ditanyain dari mulai umur, tinggi badan, pendidikan, keuangan keluarga, sampe tentang keluarga gw, rata2 pny anak berapa, berapa tinggi rata2 anggota keluarga, pokoknya masalah keturunan deh(dipikir dia lg milih kambing buat diternak kl)pas ditanya gw udah siap gak tinggal dikorea kl gw diterima, gw jawab enggak. Salah satu cewek korea itu, ternyata kakaknya ‘sang pencari cinta’ itu, dan kyknya gak sk jawaban gw, trus dia tanya lg, kalo gak mau kekorea kenapa gw ikut acara ini, yah gw bilang gw gak tau dan cuma diajak teman. Trus, mereka suruh gw tunggu diluar, karena mareka mau musyawarah dl. Sambil nunggu mereka, gw ngobrol sama cewek2 itu, kebetulan mereka sudah dandan lagi karena setelah ini mereka mau kekelapa gading, katanya disana jg ada lg seleksi beginian, malah ada 5 calonnya. Mereka jg ngajak ge, tp gw blg gak bisa masih ada urusan.
Setelah setengah jam lebih, cewek korea yg bisa ngomong Indonesia keluar dan nanya gw apa mau ngobrol2 dulu sama ‘sang pencari cinta’nya, tp gw gak mau. Gak lama dia keluar lagi dan bilang mereka gak terima gw(syukur bgt).
Beberapa hari kemudian si endang masih telp gw buat ngajak ikut acara gituan lagi, tp gw gak pernah mau. Setelah gw pikir2, sebenarnya agency pencari calon istri ini bahaya bgt ya, gw kasihan bgt sama mereka yg sudah kepilih dan kemudian tinggal dikorea. Coba bayangin, apa yg bkl terjadi disana, mereka gak bisa bahasanya, jauh dari keluarga, kl mereka kenapa2 disana kan gak ada yg tau. Apalagi setelah gw tau kejadian ini emang udah jd perhatian Negara lain bkn Indonesia aja, dan cukup memperihatinkan.
Mudah2an skrg sudah gak ada lg korban2 yg lain, dan yg sdh terjadi bs jd pelajaran bahwa jgn tergiur dengan iming2 tinggal diluar negeri dan pny uang banyak, karena belum tentu tinggal diluar negeri itu senikmat apa yg kita liat di TV selama ini. jd jgn berharap bisa dapat suami kayak jun woo(golden bride) yg baik, setia, ganteng ya, ternyata itu cuma mimpi…..yah menghayal lg deh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s